INDUSTRI

POTENSI INDUSTRI DI KABUPATEN KUDUS



Industri merupakan faktor penyangga utama perekonomian Kabupaten Kudus, terbukti dengan sumbangan kontribusi PDRB terbesar dibandingkan sektor yang lain. Sektor industri ini didominasi oleh industri rokok, konveksi dan kertas yang mampu menyerap banyak tenaga kerja. Berikut ini merupakan daftar industri yang ada di Kabupaten Kudus baik itu industri besar menengah maupun industri kecil.
KLIK DI NAMA INDUSTRI UNTUK MELIHAT DATA SENTRA INDUSTRI
INDUSTRI ROKOK
Keberadaan Industri rokok tidak dapat dipisahkan dari Kabupaten Kudus yang disebut sebagai Kota Kretek. Industri rokok dimulai sekitar tahun 1909 oleh pengusaha rokok bernama Niti Semito yang memproduksi rokok merek “BAL TIGA”. Industri rokok terbesar di kudus adalah : PT. Djarum, PR. Sukun, PR. Nojorono, dan PR. Jambu Bol yang mampu menyerap sebagian tenaga kerja yang ada.
INDUSTRI BORDIR
Pada hakekatnya bordir merupakan seni sulam menyulam yang identik dengan seni lukis yang dituangkan dalam media serat, benang dan kain. Di Kabupaten Kudus banyak tumbuh dan berkembang unit-unit usaha bordir, dengan lokasi menyebar di 4 (empat) Kecamatan sebagai Sentra nya. yang terbesar di Kecamatan Kota terdapat di Desa Janggalan, Langgar Dalam, Kajeksan, dan Kerjasan. Berbagai jenis produk seperti bahan pakaian, accesories, dan lain-lain telah dihasilkan dan dipasarkan untuk memenuhi pasar di dalam dan luar Kota Kudus.
INDUSTRI KERTAS
Salah satu perusahaan kertas dan percetakan terbesar adalah PT. Pura Barutama yang memproduksi kertas security hologram, dan kertas tanpa karbon (NCR). Selain memenuhi pasar dalam negeri, industri kertas dan percetakan PT. Pura Barutama juga memenuhi permintaan pasar luar negeri sebagai mata dagang eksport dengan negara tujuan eksport : Vietnam, Bangladesh, Sri Langka, dan Negara-negara Timur tengah.
INDUSTRI KONVEKSI
Ada beberapa macam produk pakaian jadi di Kudus yang cukup memenuhi masyarakat . Produk tersebut terjual sampai luar kota seperti : Semarang, Surakarta, Surabaya, Jakarta, bahkan sampai Sumatra, Kalimantan dll.
INDUSTRI FURNITURE
Disamping bordir dan pakaian jadi, Kabupaten Kudus juga memiliki potensi industri meubel dari kayu dan rotan.Lokasi sentra meubel tersebar di 7 (Tujuh) Wilayah kecamatan, meliputi Kecamatan Gebog, Kaliwungu, Jekulo, Kota, Bae, dan Mejobo. Didukung tenaga trampil di bidangnya mendorong produk meubel dari Kabupaten Kudus mampu menembus pasar luar. Negara-negara tujuan utama adalah USA dan negara-negara di Eropa, dan Australia.
INDUSTRI ELEKTRONIK
Potensi lain dari Kabupaten Kudus adalah Industri Elektronika yang memproduksi berbagai macam produk elektronik seperti Televisi, Radio Tape, VCD Player [MP3], Lemari Es, Speaker Aktif, dan lain-lain. Produk-produk elektronik Kabupaten Kudus mampu bersaing dipasar international dengan menembus pasar eksport. Negara-negara tujuan eksport meliputi Philipina, dan negara-negara di Timur Tengah.
INDUSTRI KERAJINAN / HANDYCRAFT ( LOGAM, FIBER dan GEBYOK )
Kerajinan yang ada di Kabupaten Kudus antara lain kerajinan logam yang memproduksi miniatur becak, sepeda, kereta dan lain-lain, serta kerajinan kayu dan fiber yang memproduksi gebyok ukir, kaligrafi dengan bahan kayu dan fiber.
INDUSTRI JENANG
Jenang merupakan makanan khas Kabupaten Kudus. Jenang tersedia dalam berbagai ukuran sesuai kebutuhan konsumen, tersedia juga berbagai macam pilihan kombinasi rasa yang pasti nikmat.Sentra Industri jenang terletak di desa Kaliputu Kecamatan Kota Kudus.
INDUSTRI BESAR MENENGAH INDUSTRI KECIL
Industri Percetakan Industri Anyaman
Industri Karoseri Industri Batu Bata
Industri Barang dari Plastik Industri Gula Tumbu
Industri Perlengkapan Rumah Tangga dari Gelas Industri Genteng
Industri Minuman Ringan Industri Sepatu, Sandal dan Tas
Industri Es Batu Industri Bandeng Presto
Industri Pengolahan dari Rotan Industri Kerupuk
Industri Moulding dan Komponen Bahan Bangunan

Leave a response and help improve reader response. All your responses matter, so say whatever you want. But please refrain from spamming and shameless plugs, as well as excessive use of vulgar language.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.