Profil Kota Kudus

Posted On Januari 14, 2009

Filed under Uncategorized

Comments Dropped one response

Kudus adalah sebuah kota yang secara geologis terletak di Jawa Tengah tepatnya disebelah utara pulau Jawa sekitar kurang lebih 51 km ke arah timur ibu kota Jawa Tengah Semarang, Menurut pendapat Prof. Dr. R. Ng. Poerbatjaraka, diseluruh tanah Jawa hanya ada satu tempat yang namanya di ambil dari bahasa Arab yaitu Kudus. Sebuah kabupaten yang mempunyai penduduk kurang lebih 704.137 jiwa ( Menurut Sensusnas 2000 ) ini mempunyai status kabupaten, atau disebut dengan istilah sekarang daerah Swantara tingkat II, termasuk karesidenan Pati.

Kota Kudus sangat strategis letaknya, karena merupakan daerah perlalu-lintasan yang menghubungkan daerah-daerah sekitarnya. baik daerah di sebelah timur, seperti misalnya daerah Pati, Tayu, Juwana, Rembang, Lasem, dan Blora, maupun daerah-daerah sebelah barat seperti Mayong, Jepara dan Bangsri mempergunakan kota Kudus sebagai daerah penghubung yang menghubungkan daerah-daerah tersebut dengan kota Semarang, sebagai pusat pemerintahan tingkat propinsi.

Kudus kota kretek, Kudus kota jenang, dan Kudus kota santri menunjukkan betapa penting kota kecil . Kota Kudus yang terletak di jantung kabupaten terkecil di Jateng ini memang cukup dinamis dalam beberapa hal. Sebagai kota kretek, jenang, dan santri, Kudus tak diragukan lagi.Yang terakhir, kalau orang menyebutnya sebagai kota santri, pikiran kita lalu menunjuk Menara Kudus dengan Sunan Kudus dan Sunan Muria yang bermukim di atas Gunung Muria.

Kota Kudus disebut juga kota suci dari makna kata Kudus yang berarti " Suci " , Konon nama ini diberikan oleh seorang tokoh bernama Ja ' far Shodiq atau lebih di kenal dengan sebutan sunan Kudus, nama " Kudus " sendiri berasal dari  bahasa Arab yaitu Al - Quds, yaitu Baitul Mukadis berarti tempat suci. di Kudus sendiri terdapat 2 makam sunan penyebar agama islam di tanah Jawa yaitu Makam Sunan Kudus yang bertempat di masjid Menara dan Makam Sunan Muria yang bertempat di lereng Gunung Muria, yang selain sebagai tempat ibadah makam sunan juga banyak di kunjungi sebagai tujuan wisata agama yaitu ziarah Wali Songo. Sebagai daerah tujuan wisata Masjid Menara Kudus adalah salah satu obyek wisata yang selalu ramai dikunjungi masyarakat baik domestik maupun lokal, dimana Masjid Menara merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari para wali songo yang dibangun pada tahun 956 H atau 1544 M merupakan hasil asimilasi dari 2 kebudayaan yaitu Hindu dan Islam.

Disamping fungsinya sebagai kota penghubung, kota Kudus termasuk kota yang ramai, karena sebagaimana di ketahui, Kudus adalah terhitung kota Industri. Disana kita dapati banyak industri rokok kretek, gula, pertenunan, percetakan dan lain sebagainya.Kota Kudus lebih di kenal sebagai kota Kretek dimana terdapat lebih dari 50 pabrik Rokok dari home industri sampai industri berskala besar diantaranya adalah PT. Djarum, PT. Nojorono, PR.Sukun, PR. Jambu Bol, selain itu juga terdapat beberapa pabrik bersekala nasional maupun international besar bahkan menggunakan tekhnologi tinggi seperti PT. Pura Barutama,  PT. Polytron,

Alun-Alun kota Kudus

About these ads

One Response to “Profil Kota Kudus”

  1. Mr WordPress

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.